Kamis, 29 September 2011

Contoh Pidato " Cara Belajar yang Baik Menurut Hukum Newton "

-->
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang saya hormati Dosen Mata Kuliah Public Speaking serta teman-teman yang saya sayangi.

            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya yang diberikan kepada kita, sehingga pada saat ini kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal’afiat.

            Banyak orangtua, guru dan mungkin teman kita memberikan nasihat agar kita belajar jauh hari sebelum waktu pelaksanaan ujian tiba. Tidak sedikit buku tentang cara belajar yang juga memberikan nasihat demikian. Secara umum kita semua setuju, terutama ketika kita masih duduk dibangku sekolah, agar belajar secara bertahap dan sistematis. Sebaliknya, pada dasarnya kita tidak setuju cara belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS), yakni belajar semalam suntuk hanya pada saat menjelang ujian keesokan harinya. Selain melelahkan dan mendatangkan stres, cara belajar SKS tidak memberikan hasil yang memuaskan, bahkan cenderung menuai kegagalan.

            Maka untuk menghindari atau mengatasi suatu hal yang dapat menghambat usaha belajar kita, alangkah baiknya jika kita memahami atau mengetahui cara belajar yang baik, dalam hal ini terkait dengan hukum newton.

Teman-teman sekalian,

Hukum Newton I menyatakan ‘setiap benda akan tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan bila tidak dikenai gaya dari luar’.
Ini dapat diartikan, sebaiknya belajar secara berkesinambungan dan teratur serta menghindari atau mengatasi segala sesuatu yang dapat menghambat usaha belajar kita.

Hukum Newton II menyatakan ‘percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda sebanding dengan besar gaya, searah dengan gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa kelembaman benda tersebut’.
Ini dapat kita nyatakan, diperlukan gaya (motivasi) untuk mengubah kecepatan pengusaan materi belajar. Jika besarnya motivasi untuk maju sama besar dengan keengganan kita untuk maju (yang berdampak pada suatu kemunduran). Berarti proses belajar kita tidak mengalami kemajuan(tetap segitu-gitu aja) tanpa adanya motivasi untuk lebih cepat menguasai materi atau motivasi untuk lebih banyak materi yang dikuasi. Bila kita menginginkan percepatan yang besar, diperlukan suatu motivasi yang semakin besar.

Hukum Newton III menyatakan ‘apabila sebuah benda mengerjakan gaya pada benda lain, maka benda kedua ini juga akan mengerjakan gaya yang sama besar pada benda pertama tetapi berlawanan arah dengan gaya dari benda pertama’.
Ini dapat diartikan jika membenci suatu materi pelajaran, apa pun alasannya, maka pelajaran tersebut akan balas membenci kita. Akibatnya, semakin sulit bagi kita untuk menguasai materi pelajaran tersebut jika kita sendiri membenci pelajaran itu. Jadi, kita harus berusaha menyenangi pelajaran yang akan kita pelajari agar kita lebih mudah menguasai materi pelajaran tersebut.

Terkait dengan Hukum Newton tersebut, ada beberapa tips tentang cara belajar yang baik yang disarankan, antara lain :
Ø  Jangan belajar hanya pada saat menjelang ujian. Jika terlalu lama dalam keadaan diam (tidak belajar), maka kita semakin sulit untuk memulainya. Semakin lama kita tidak belajar, semakin besar kecenderungan kita untuk tetap tidak belajar.
Ø  Buat suatu keadaan sedemikian hingga seolah-olah kita selalu dalam keadaan belajar. Ini tidak berarti kita harus terus menerus belajar tanpa istirahat. Dimaksud di sini, kita belajar secara berkesinambungan dan teratur. Sinambung artinya nyambung antara proses belajar hari ini dengan hari-hari kemarinnya. Kalaupun kita liburan, upayakan kita tidak lepas sama sekali dengan mata pelajaran.
Ø  Bangkitkan motivasi yang kuat untuk belajar, terutama untuk pelajaran yang lebih sulit. Semakin sulit materi pelajaran, semakin besar motivasi yang diperlukan untuk menguasainya. Untuk membangkitkan motivasi ada berbagai cara, antara lain: Bayangkan betapa puas dan bangganya kita kalau kita mampu menguasai pelajaran yang sulit; Anggaplah semua pelajaran penting dan berguna bagi masa depan kita; Ingat belajar itu termasuk ibadah. Tuhan tidak menilai kesuksesan belajar kita hanya dari nilai hasil ujian, tetapi Tuhan akan menilai proses perjuangan kita untuk memperoleh nilai tersebut.
Ø  Jangan sekali-kali membenci suatu mata pelajaran. Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Dalam hal ini mungkin anda belum mengenal mata pelajaran tersebut. Coba kenali lebih jauh, mungkin anda akan menyayanginya.

Teman-teman sekalian,

Sudah saatnya kita sebagai generasi muda penerus bangsa untuk bangkit dan kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita pun mampu untuk membangun negeri tercinta kita. Buktikan pada semua orang yang kita cintai dan mencintai kita bahwa kelak kita akan sukses berkat ketekunan dan juga usaha serta kerja keras kita dalam menuntut ilmu. Kejarlah prestasi terbaik karena kesempatan yang lebih baik biasanya lebih memihak pada orang-orang terbaik.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan tutur kata dan sikap  yang tidak berkenan dihati teman-teman. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
Klik atau copy paste link berikut:

http://tinyurl.com/bv5oe2e

Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

sms:085641877372 atau email saya: xtshop30@gmail.com

Posting Komentar